Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Selasa, 09 Oktober 2012

Belajar Dari Lebah Yuk !!

oleh Guruh Aris Setyawan

Assalammu’alaikum Wr.Wb

kenalin nih sobat baru kita, LEBAH. Lhoooooo??????
L
ebah (Apis indica) merupakan spesies yang sangat unik. Hewan yang satu ini sangatlah termasuk pada filum arthopoda jenis insekta. Lebah termasuk insekta yang sangat unik karena kebiasaan kebiasaan hidupnya. Nahh…sahabat bullpen, Tahukah kamu apa saja ke istimewaan lebah??? Jangan – jangan hanya ngentupnya saja yang sobat ketahui…..??hehehehe.
nahh… mari kita Berkenalan dengan dia.

Yuukkk kita mengenal lebah.

Lebah adalah hewan yang membentuk susunan social masyarakat yang hidupnya saling membutuhkan satu sama lain. Dalam daur hidupnya , seekor lebah mempunyai beberapa kasta atau tingkatan dan tugas kerjanya pun berbeda-beda. Ketiga kasta tersebut antara lain :
  1. Lebah ratu, yaitu lebah betina yang fertill atau subur,
  2. Lebah jantan, lebah yang ada karena proses parthenogenesis dimana sel telur tanpa dibuahi mampu tumbuh menjadi individu baru. Lebah jantan ini setelah kawin mati.
  3. Lebah pekerja
Lebah ini bertugas sebagai pengumpul madu dan mengatur segala kehidupan lebah,mulai dari membuat sarang, mencari makan untuk ratu, dll. Hemz…..setia banget rekkk….
Selama hidupnya, sang ratu hanya mengalami perkawinan sebanyak satu kali saja dengan lebah jantan. pada saat itu lebah jantan mengeluarkan sperma dan membuahi sel telur sang ratu  dan disimpan di spermatotchea. Dalam spermatotchea ini tumbuhlah zigot lebah sebagai calon lebah pekerja dan ratu, sedangkan telur yang tidak dibuahi akan menjadi lebah jantan ketika menetas.hehehehe…keren yaw…

Apa Sih Manfaat Dia Untuk Manusia Tumbuhan dan Hewan??

Teman kecil kita ini banyak sekali manfaatnya. Manfaat manfaatnya antara lain :
  1. lebah memiliki peranan penting bagi proses penyerbukan yang dilaukan oleh bunga. tanpa bunga tidak ada tumbuhan, tanpa tumbuhan tak ada daun, tanpa daun tak ada fotosinesis, tanpa fotosintesis tak ada oksigen. nah….kita bernafasnya pakek apa rek?????hayooo….
  2. Lebah berperan terhadap pertumbuhan dan pengembangbiakan tumbuhan langka misalnya saja seperti Anggrek Ophyrus yang hanya mampu berkembang biak dengan kehadiran lebah yang mempunyai kantong pollen di kepalanya sebagai perantara dalam proses penyerbukan tumbuhan langka ini.
  3. Madu yang mereka hasilkan mengandung gizi yang tinggi ,memiliki antibiotic untuk menjaga kesehatan tubuh, memiliki vitamin dan rasa yang unik untuk kesehatan, sebagai factor merangsang perbaikan sel-sel tubuh ,serat , dan masih banyak lagi. Tak aneh jika madu sering sekali digunakan sebagai obat oleh manusia, tanpa kimia pula..wahhhhhh..pertanyaan buat kita, KAlau hewan sekecil itu saja mampu bermanfaat besar untuk kehidupan maklhuk hidup yang lain, Lha manusia yang mempunyai akal dan fisik yang jauh lebih hebat dari lebah, apakah kita mampu bermanfaat untuk maklhuk hidup yang lain???? 
Dia Tertulis Pada Kitab Al-Qur’an

Sobat harus tahu nih..Lebah telah diabadikan pada kitab Al-Qur’an oleh Allah S.W.T. bahkan ia menjadi sebuah nama surat dalam kitab Al Qur’an, yakni Surat An-Nahl surat ke 16 yang terdiri dari 128 ayat.
 Allah S.W.T bercerita tentang lebah pada ayat ke 68, yang Artinya : “Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: "Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia", ada lagi sobat, lebah memiliki madu yang memberi manfaat dan kenikmatan yang luar biasa untuk kesehatan tubuh manusia. Bahkan sebuah studi di Universitas Canada tahun 2007 menjelaskan bahwa 1 mililiter madu mengandung 1500 kalori dan vitamin C yang berguna untuk menjaga daya tahan tubuh.hal ini sesuai dengan Firman Allah dalam surat An-Nahl ayat 69 :  Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang Telah dimudahkan (bagimu). dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan”.
Selain itu lebah juga diberikan kemampuan untuk memakan segala berbagai jenis buah-buahan dan mampu menempuh jalan apapun sesuai yang dia inginkan termasuk jalan darat, udara, laut maupun pegunungan, namun ia tidak akan lupa kembali kerumahnya. Mereka melakukan itu untuk kelangsungan hidup dan mengbdi pada ratunya. Hal ini mengajarkan kita untuk senantiasa bertaqwa kepada Tuhan Y.M.E sesulit apapun rintangannya dan godaannya.


Kehidupan Lebah

Pelajaran yang dapat kita ambil dari sobat kita ini adalah kehidupan Bermasyarakat. Lebah memang maklhuk unik yang hidupnya Bersatu dan tidak individualistis. maka dari itu hendaknya kita harus selalu hidup bergotong royong dan tidak saling menghujat satu sama lain . sebab kepentingan umat atau masyarakat lebih utama daripada kepntingan individu. Lebah saling bergotong royong dalam menjalani sebuah kehidupan .
Selain itu lebah juga mempunyai sifat yang tidak merusak dan memakan makanan yang sehat dan baik seperti buah, sari bunga, dll.
Lebah mengawinkan bunga jantan dan betina sehingga terjadilah pembuahan . lebah tidak pernah hinggap ditempat yang kotor dan dan makan disana(sampah). Dari hal ini kita diberikan pesan bahwa Kita diharuskan untuk menjadi orang yang jujur, mencari rizki dengan halal, baik untuk keluarga kita kelak karena sebuah keluarga yang didasari sikap kejujuran akan menguntungkan banyak orang dan rezeki yang halal akan menjadi barokah walaupun hanya sedikit saja. aMiiiiinnn…selain itu lebah memakan yang enak-enak.
Sarang lebah menghasilkan Madu yang sangat lezat rasanya dan berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Madu juga bisa digunakan sebagai obat untuk penyakit.
Lebah tidak pernah mengganggu dan merusak lingkungan , baik manusia ,binatang,maupun lingkungan, tapi kita jangan sekali-sekali menganggunya. Di entup tahu rasa loe…hehehe.
Sebuah hal yang sangat sederhana yang tidak pernah kita perhatikan. Hidup sederhana demi memberikan manfaat kepada orang lain. Lebah yang hanya sekecil itu saja mampu bermanfaat untuk orang lain,apalagi kita sebagai manusia intelektual sudah selayaknya mampu merenungi apakah kita sudah memberikan manfaat dan kebaikan kepada orang lain atau belum sama sekali. Atau bahkan kehadiran kita hanyalah sebagai pengganggu dan membuat orang lain merasa kesal??? Tidak pernah ada kata terlambat untuk kita sob dalam hal kebaikan. Mari rendahkan hati, buang ego tinggi-tinggi. Terkadang apa yang kita hujatkan itu justru menjadi kelemahan dari kita sendiri. Hargailah setiap jernih payah orang lain karena belum tentu kita mampu melakukan yang lebih baik dari orang lain. “Sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat untuk manusia yang lain”.(HR. Bukhori )
Dan diakhir celoteh ini, saya selaku penulis mohon maaf apabila ada kata yang kurang berkenan pada sobat bullpen PGSD, karena kita juga masih sama –sama belajar. Semoga bermanfaat bagi kita semuanya. Aminnnn…
wassalammu’alaikum warrahmatullah wabarokaathuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar